10 Festival Musik Tahunan Terbaik Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

10 Festival Musik Tahunan Terbaik Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui
10 Festival Musik Tahunan Terbaik Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

Untuk kamu para pemburu konser musik, sepertinya berbagai Festival Musik Terbaik di Indonesia sudah jadi tempat seru yang setiap tahunnya rutin kamu kunjungi. Bagaimana tidak, antusiasme pecinta musik di Indonesia sangatlah besar. Sudah tidak terhitung banyaknya musisi-musisi dari luar negeri yang diundang untuk mengisi line-up berbagai festival musik tersebut.

10 Festival Musik Terbaik di Indonesia Yang Selalu Ramai Dibanjiri Penonton

Salah satu daya tarik dari Festival Musik Terbaik di Indonesia, adalah dengan hadirnya beragam genre musiknya serta line-up para penampil internasional dan lokalnya yang sangat keren. Selain itu, tempatnya selalu diadakan di berbagai tempat yang seru dan menarik sepeti diadakan di dalam sebuah ruangan besar, di luar ruangan, hingga di pegunungan dan alam bebas.

Nah, untuk kamu para pemburu konser sejati, simak beberapa Festival Musik Terbaik di Indonesia yang ada di bawah ini:

1Hammersonic

Hammersonic
Hammersonic

Festival Musik Terbaik di Indonesia yang satu ini, merupakan festival musik cadas berskala internasional yang pertama dan juga terbesar di Indonesia. Karena sebelumnya, belum pernah ada festival serupa yang menampilkan nama-nama besar dunia di tanah air seperti Hammersonic. Biasanya, Hammersonic rutin diadakan di kawasan GBK Senayan, akan tetapi belakangan ini Hammersonic lebih sering diadakan di obyek wisata Ancol seperti Ecopark atau juga Pantai Karnaval.

Sebut saja nama-nama besar seperti Megadeth, Lamb of God, Cradle of Filth, Bullet For My Valentine, Morbid Angel, Dead Kennedys, Kreator, Hatebreed hingga In Flames pernah tampil di Hammersonic. Festival musik yang satu ini, biasanya dilangsungkan pada bulan April hingga bulan Mei setiap tahunnya. Dengan mengusung genre metal, rock, punk hingga hardcore.

2Hellprint United Day

Hellprint United Day
Hellprint United Day

Festival Musik Terbaik di Indonesia yang satu ini, adalah Hellprint United Day. Festival musik cadas ini, merupakan salah satu barometer musik rock yang ada di Bandung dan wilayah Jawa Barat. Ciri khas dari Hellprint, adalah line-up penampilnya yang bisa mencapai hingga puluhan bahkan ratusan band yang tampil bersamaan di lebih dari tiga panggung seharian penuh.

Tak ayal, banyak band baru yang langsung tenar namanya karena tampil di Hellprint. Puluhan ribu penonton dari berbagai daerah selalu hadir setiap tahunnya ke Hellprint. Hellprint United Day biasanya diadakan diawal bulan Februari tiap tahunnya. Lanud Sulaiman atau Lapangan Pussenif, Bandung adalah tempat Hellprint biasa diadakan.

3La La La Fest

La La La Fest
La La La Fest

La La La Fest juga salah satu Festival Musik Terbaik di Indonesia yang tidak kalah seru. Festival musik berskala internasional ini, selalu diadakan di Orchid Forest, Lembang, Bandung. Line-up yang dihadirkan kebanyakan datang dari manca negara, dan artis-artis nasional juga tidak ketinggalan tampil di La La La Fest ini.

Suasana hutan yang dingin, dipadukan dengan aneka musik pop eklektik yang berhasil mengundang sensasi yang berbeda saat kamu datang ke festival musik ini. La La La Fest biasanya diadakan setiap bulan Februari atau bulan Maret setiap tahunnya. Sebut saja Honne, The Internet, Joe Hertz, Astronomy (DJ Set), Sheila On 7, Fourtwnty, hingga Ardhito Pramono selalu menjadi line-up terbaik di La La La Fest.

4Java Jazz

Java Jazz
Java Jazz

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2005 silam, salah satu Festival Musik Terbaik di Indonesia ini, selalu menghadirkan beragam pertunjukan menarik dari berbagai musisi mancanegara dan musisi nasional. Sebut saja James Brown, Santana, Sting dan Stevie Wonder, adalah beberapa nama legenda yang pernah tampil di Java Jazz. Sejauh ini, Java Jazz tercatat telah menghadirkan lebih dari 600 musisi internasional, lalu lebih dari 1.000 musisi dalam negeri, dan juga lebih dari 2.000 pertunjukan musik yang memukau. Java Jazz biasanya diadakan setiap minggu pertama di bulan Maret.

5Soundrenaline

Soundrenaline
Soundrenaline

Festival Musik Terbaik di Indonesia yang selanjutnya, adalah Soundrenaline. Festival musik tahunan yang digadang-gadang terbesar di Indonesia ini, telah diadakan sejak tahun 2002 silam. Soundrenaline sejak tahun 2015, lebih sering diadakan di kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana, Bali. Di Soundrenaline biasanya ada tiga panggung outdoor dan satu panggung amphiteater yang menampilkan puluhan musisi internasional dan musisi dalam negeri.

Sebut saja nama besar Limp Bizkit, INXS, Wolfmother, Simple Plan, Bloc Party, hingga The Temper Trap, adalah nama-nama internasional yang pernah tampil di Soundrenaline ini. Belum lagi musisi sekaliber Iwan Fals, Noah, Slank, Dewa 19, Gigi, Jamrud, Padi, Sheila On 7, Naif, Seringai, hingga Burgerkill, juga pernah tampil di festival akbar satu ini. Soundrenaline sendiri biasanya diadakan setiap minggu pertama atau kedua bulan September setiap tahunnya.

6Folk Music Festival

Folk Music Festival
Folk Music Festival

Nah, Festival Musik Terbaik di Indonesia yang selanjutnya adalah Folk Music Festival. Festival musik yang satu ini, merupakan festival alternatif tahunan bagi para penggemar kebudayaan, mulai dari kesenian, musik, hingga literasi. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 2014 di Surabaya, Folk Music Festival lebih sering digelar di kawasan wisata Batu, Malang. Sebut saja Silampukau, Mocca, Efek Rumah Kaca, Float, Tigapagi, Fourtwnty, Stars and Rabbit, hingga Payung Teduh, adalah nama besar yang pernah mengisi line-up festival musik yang satu ini.

7Djakarta Warehouse Project

Djakarta Warehouse Project
Djakarta Warehouse Project

Djakarta Warehouse Project atau DWP ini, juga salah satu Festival Musik Terbaik di Indonesia yang penontonnya hingga seratusan ribu datang dari berbagai penjuru dunia yang dilangsungkan selama tiga hari tiga malam. Nama-nama besar yang pernah mengusi line-up Djakarta Warehouse Project ini antara lain, Avicii, Calvin Harris, Marshmello, Paul van Dyk, David Guetta, Alesso, Skrillex, DJ Snake, Armin van Buuren, hingga The Weeknd.

8We the Fest

We the Fest
We the Fest

Nah, kalau Festival Musik Terbaik di Indonesia yang satu ini, tempatnya anak-anak muda. Pasalnya, bukan hanya bisa menikmati konser, melainkan kamu bisa tampil bergaya maksimal, seen or to be seen di We the Fest. Dekorasi festival yang  satu ini, sangat instagramable yang menjadi tujuan dari para kalangan hipster. Sebut saja nama Ellie Goulding, Macklemore & Ryan Lewis, The 1975, Mark Ronson, The Kooks, Lorde, hingga James Bay, yang pernah mengisi line-up We the Fest ini.

9Bali Blues Festival

Bali Blues Festival
Bali Blues Festival

Festival Musik Terbaik di Indonesia yang selanjutnya, adalah Bali Blues Festival.  Festival musik blues yang satu ini, biasanya diadakan di kawasan pariwisata Nusa Dua, Bali. Nama-nama besar seperti Gugun Blues Shelter, Balawan, Indra Lesmana, Achmad Albar, hingga Dewa Budjana pernah meramaikan line-up Bali Blues Festival ini. Dan juga, Bali Blues Festival ini, berskala internasional.

10Synchronize Fest

Synchronize Fest
Synchronize Fest

Festival Musik Terbaik di Indonesia yang terakhir, adalah Synchronize Fest. Festival musik yang satu ini, mempunyai lima panggung dan diadakan selama tiga hari tiga malam. Setiap tahunnya, kamu akan menyaksikan pertunjukan musik dari artis-artis terbaik tanah air yang datang dari era ’70-an, ’80-an, ’90-an hingga 2000-an. Bahkan, Presiden Jokowi pun sempat datang ke festival musik yang satu ini.

Itulah tadi beberapa Festival Musik Terbaik di Indonesia yang selalu hadir setiap tahunnya. Semua festival musik di atas, selalu ramai digandrungi para penonton. Nah, apakah kamu salah satu orang yang tidak pernah melewatkan salah satu festival musik yang ada di atas?.