10 Fakta Unik yang Mengharuskan Kamu Untuk Berlibur ke Pelabuhan Ratu

10 Fakta Unik yang Mengharuskan Kamu Untuk Berlibur ke Pelabuhan Ratu
10 Fakta Unik yang Mengharuskan Kamu Untuk Berlibur ke Pelabuhan Ratu

Masih berbicara tentang Pantai di saat libur Lebaran seperti sekarang ini. Jika berbicara mengenai liburan, memang tidak ada habisnya. Belum lengkap rasanya, jika liburan ini Kamu belum menyambangi Pantai Palabuhan Ratu. Banyak Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga para wisatawan sangat penasaran ingin mengunjungi salah satu pantai yang indah ini.

10 Fakta Nyata Pelabuhan Ratu yang Sudah Mendunia

Pelabuhan Ratu sendiri, adalah sebuah tempat wisata yang terletak di pesisir Samudra Hindia, tepatnya di selatan Jawa Barat, atau juga sekitar 60 km ke arah selatan dari arah Kota Sukabumi. Pelabuhan Ratu tidak jauh dari pantai Ujung Genteng. Oleh karenanya Fakta Unik Pelabuhan Ratu tersebut, membuat banyak wisatawan berdatangan untuk menyambangi pantai tersebut.

Bahkan, jika berbicara tentang Fakta Unik Pelabuhan Ratu, wisatawan dari luar negeri pun banyak yang penasaran dan tidak pernah bosan mengunjungi Pelabuhan Ratu. Selain itu, pantai ini juga dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan berbahaya bagi siapapun yang ingin berenang di pantai ini. Meski banyak kasus orang tenggelam di Pelabuhan Ratu, hal tersebut tidak menjadikan pantai ini sepi pengunjung.

Malah, setiap hari semakin ramai saja orang yang mendatangi Pelabuhan Ratu. Oleh sebab itu, Kami akan membahas beberapa Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang mampu membuat para wisatawan tak pernah bosan untuk mendatanginya, yang telah Kami rangkum di bawah ini:

1Keindahan Panoramanya Sudah Tidak Diragukan Lagi

Keindahan Panoramanya Sudah Tidak Diragukan Lagi
Keindahan Panoramanya Sudah Tidak Diragukan Lagi

Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang satu ini, sudah banyak diketahui oleh siapa saja. Pantai Palabuhan Ratu memiliki keindahan panorama yang khas tiada tara. Dengan ciri khas perpaduan pantai yang indah dan tebing-tebingnya yang curam, lalu karang-karang terjal yang dilatar belakangi cagar alam hutan, dan gunung-gunung yang indah, menjadikan pantai ini sangat diminati oleh para wisatawan. Bukan hanya itu, ada juga sungai yang deras, untuk Kamu mencoba arung jeram.

Selain mempunyai panorama yang indah, Fakta Unik Pelabuhan Ratu nyatanya memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan pantai – pantai lainnya yang ada di Indonesia. di Pelabuhan Ratu, Kamu akan mendapati udara yang sejuk dan hamparan pasir putih yang luas. Nah, saat Kamu berada di pantai timu, Kamu bisa melihat terbitnya matahari (sunrise) yang sangat indah dari sana. Jika Kamu berada di pantai barat, Kamu bisa melihat terbenamnya matahari (sunset) yang juga sangat indah disana.

2Lokasi dan Akses Sangat Mudah Dicapai

Lokasi dan Akses Sangat Mudah Dicapai
Lokasi dan Akses Sangat Mudah Dicapai

Lalu, Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang lainnya mengenai lokasi yang sangat mudah di akses. Lokasinya berada tepat di wilayah Kota Palabuhanratu, Jawa Barat. Bisa ditempuh sekitar 60 Kilometer dari arah Kota Sukabumi ke arah Selatan. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk berkunjung ke Palabuhan Ratu, jika tidak mempunyai kendaraan pribadi.

Nah, sebagai contoh, jika Kamu datang dari daerah Jakarta atau daerah Bogor, Kamu bisa menggunakan Bus dengan tujuan Palabuhanratu – Bogor. Jika Kamu berasal ┬ádari daerah Bandung atau Sukabumi, Kamu bisa menggunakan Bus dengan tujuan Palabuhanratu – Sukabumi. Rutenya sangat mudah di akses. Selain itu, jalan menuju ke Pelabuhan Ratu juga sangat mulus dan nyaman dengan paduan panorama yang indah sepanjang jalannya.

3Sudah Viral Sejak Zaman Presiden Soekarno

Sudah Viral Sejak Zaman Presiden Soekarno
Sudah Viral Sejak Zaman Presiden Soekarno

Nah, Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang selanjutnya, memang sangat unik, jika berbicara tentang zaman sekarang, sebut saja sudah viral. Uniknya, Pelabuhan Ratu mempunyai daya tarik tersendiri, karena pada tahun 1960, Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya di Tenjo Resmi. Selain itu, didirikannya Samudera Beach Hotel, merupakan inisiatif Soekarno sendiri. Menjadikan hotel mewah yang berada di Pelabuhan Ratu tersebut, menjadi salah satu hotel mewah pertama yang yang ada di Indonesia selain Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan juga Toko Serba Ada “Sarinah”, yang keseluruhan dananya menggunakan rampasan perang dari Jepang.

4Mempunyai Fasilitas Yang Lengkap

Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang satu ini, sudah tidak diragukan lagi. Jika Kamu menyambangi Pelabuhan Ratu, Kamu tidak perlu khawatir dengan berbagai fasilitas yang ada disana. Terdapat Mushola untuk Kamu agar tetap bisa menjalankan ibadah, lalu area parkirnya juga sangat luas, selain itu ada juga fasilitas pelayanan pos dan juga money changer. Jika Kamu ingin mengetahui berbagai tempat wisata yang ada di Pelabuhan Ratu, Kamu bisa menggunakan jasa pramuwisata dan juga pusat infomasi pariwisata di sekitaran Pelabuhan Ratu.

Lalu, Fakta Unik Pelabuhan Ratu juga telah disediakan berbagai penginapan dan juga hotel bertebaran dimana-mana, Kamu tidak usah khawatir nanti akan menginap dimana. Untuk Kamu yang menyukai surfing, di Pelabuhan Ratu sudah disediakan papan seluncur sewaan dan juga ban renang sewaan untuk Kamu gunakan. Dan untuk Kamu yang datang bersama anak, adik, atau juga keluarga lainnya, terdapat pula taman bermain anak yang sudah disediakan. Selain itu, ada unit penjaga pantai yang sigap berjaga untuk keselamatan Kamu saat berada di Pelabuhan Ratu.

5Kuliner Khas Pantai yang Sangat Lezat

Kuliner Khas Pantai yang Sangat Lezat

Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang selanjutnya, mengenai kuliner khas pantai yang lezat dan sangat menggoda. Jika ke pantai, belum lengkap rasanya jika Kamu tidak mencoba berbagai kuliner yang ada di sekitaran pantai. Nah, salah satunya adalah seafood, yang menjadi menu paling banyak dicari oleh para wisatawan. Selain rasanya yang sangat khas, seafood yang ada di Pelabuhan Ratu memang berbeda dari seafood biasanya. Kamu wajib coba!

6Banyak Pilihan Penginapan Yang Unik

Banyak Pilihan Penginapan Yang Unik

Nah, Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang satu ini, sangat penting untuk diketahui. Di Pelabuhan Ratu, ada banyak sekali berbagai penginapan dan juga hotel yang unik. Mulai dari penginapan yang sederhana, hingga berbagai hotel mewah yang sangat-sangat nyaman untuk Kamu huni, berada banyak di sekitaran pantai. Tentu saja, semua pilihan ada padamu, Kamu ingin mencoba menginap di penginapan atau juga hotel berbintang lima.

7Terdapat Pemandian Air Panas

Terdapat Pemandian Air Panas

Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang selanjutnya, jika kesana Kamu bisa mencoba ke pemandian air panas, yang bisa Kamu tempuh sekitar 17 km dari Pantai Palabuhan Ratu. Di pemandian air panas tersebut, airnya mengandung belerang yang tinggi dan sangat berguna untuk kesehatan.

8Bisa Surfing Dengan Leluasa

Bisa Surfing Dengan Leluasa
Bisa Surfing Dengan Leluasa

Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang satu ini, mungkin aga terdengar aneh, jika Kamu sering mendengar berbagai isu dan keadaan ombak di Pelabuhan Ratu yang cukup besar. Namun jangan salah, di sekitar Palabuhan Ratu, ada sekitar sembilan titik lokasi untuk Kamu berselancar dengan bebas, yaitu di Batu Guram, lalu di Karang Sari, di Samudra Beach, hingga di Ombak Tujuh. Di sana, masing-masing pantai mempunyai ombak yang sangat cocok untuk surfing dengan leluasa dan aman.

9Kentalnya Mitos di Pelabuhan Ratu

Kentalnya Mitos di Pelabuhan Ratu
Kentalnya Mitos di Pelabuhan Ratu

Nah, Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang satu ini, memang bukan menjadi rahasia umum lagi. Masyarakat pantai Palabuhan Ratu, mempercayai adanya penguasa laut selatan yaitu yang biasa disebut Ratu Kidul. Konon, Ratu Kidul adalah seorang ratu yang sangat cantik bagai bidadari. Di Laut Selatan tersebut, tepatnya sebelah selatan Pulau Jawa, Ratu Kidul bertahta di sebuah kerajaan makhluk halus yang amat besar dan indah. Konon, saat berkunjung ke sana, wisatawan dilarang memakai baju berwarna hijau!

10Adanya Hari Nelayan yang Unik

Adanya Hari Nelayan yang Unik
Adanya Hari Nelayan yang Unik

Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang terakhir masih sama hubungannya dengan fakta yang sebelumnya. Masyarakat sekitar Palabuhanratu akan mengadakan ritual upacara adat yang disebut dengan Hari Nelayan. Mereka biasanya melakukan Hajat Laut, yang merupakan upacara yang dilakukan oleh para nelayan di Kota Palabuhanratu, sebagai wuju rasa terima kasih mereka atas kemurahan Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara melarung berbagai sesajen ke laut lepas.

Selain itu, mereke mempercayai agar mereka dijauhkan dari berbagai bencana dengan melakukan ritual adat tersebut. Nah, jika Kamu pergi pada bulan April, Kamu bisa menyaksikan upacara adat tersebut.

Nah, itulah berbagai Fakta Unik Pelabuhan Ratu yang sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apa Kamu mulai tertarik menyembangi Pelabuhan Ratu?