10 Fakta Menarik di Balik Film Aladdin 2019

10 Fakta Menarik di Balik Film Aladdin 2019
10 Fakta Menarik di Balik Film Aladdin 2019

Film Aladdin 2019, menjadi salah satu film yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya di bulan mei ini. Menyusul suksesnya film live-action Disney yang lain seperti Maleficent dan Beauty and the Beast, Aladdin menjadi film Disney selanjutnya yang diklaim bisa melebihi kesuksesan film terdahulunya. Uniknya, di balik film ini, ada sederet Fakta Menarik film Aladdin yang sayang untuk tidak di bahas.

10 Fakta Menarik film Aladdin yang Epic Banget!

Bagi para penggemar Disney, pasti sudah tidak asing dengan film yang satu ini. Berawal dari sebuah film animasi yang sangat epic, Disney menghadirkan Aladdin dalam bentuk nyata, yakni berupa film Live Action. Fakta Menarik film Aladdin ini, memang sudah banyak dibahas dimana-mana, karena kepopulerannya yang sangat tinggi. Belum lagi terdapat aktor dan aktris papan atas yang ikut andil dalam film ini.

Jika kamu salah satu penggemar Disney, kamu bisa melihat deretan Fakta Menarik film Aladdin yang akan Kami bahas di bawah ini:

1Sulitnya Mencari Pemeran Aladdin

Fakta Menarik film Aladdin yang pertama, pihak Disney benar-benar telah berusaha dengan keras menggarap film ini. Guy Ritchie dan juga casting director Randi Hiller, mengadakan audisi untuk mencari pemeran Aladdin dari London, Abu Dhabi sampai ke India dan melibatkan 2000 orang. Sang sutradara dibuat pusing oleh pihak Disney yang meminta pemeran Aladdin harus aktor yang berumur sekitar 20-an dan berasal dari Timur Tengah atau Gujarat. Selain itu, pemeran aktor Aladdin diharuskan pandai menyanyi dan menari. Sampai akhirnya, pemeran Aladdin jatuh pada Mena Massoud.

2Naomi Scott Tidak Disangka-Sangka Terpilih Sebagai Putri Jasmine

Naomi Scott Tidak Disangka-Sangka Terpilih Sebagai Putri Jasmine

Fakta Menarik film Aladdin yang selanjutnya benar-benar ada-ada saja. Pasalnya, Naomi Scott mengaku “menipu” para Kru untuk bisa mendapatkan peran Putri Jasmine dalam film Aladdin. Naomi merupakan aktris yang memiliki karakter tomboy, dalam sekejap ia tiba-tiba mengubah dirinya menjadi gadis feminin bak seorang putri pada saat audisi pencarian pemeran Putri Jasmine.

Bahkan, ia rela pergi ke sebuah toko pakaian Topshop di Jalan Oxford, London untuk membeli gaun bewarna biru khas Putri Jasmine, yang bercorak bunga-bunga untuk memancarkan aura femininnya. Sampai akhirnya ia berhasil mendapatkan peran Putri Jasmine. Perjuangan Naomi Scott tidak sia-sia! Meski tetap saja, ketika memulai latihan pertama ia memakai pakaian olah raga yang sesuai dengan jati dirinya. Ada-ada saja bukan Naomi Scott ini!

3Disney Sempat Melirik Dev Patel, Riz Ahmed dan Tara Sutaria untuk Memerankan Aladdin dan Putri Jasmine

Fakta Menarik film Aladdin yang satu ini, membuat Dev Patel yang tak lain adalah aktor berkebangsaan Inggris yang berusia 29 tahun, mempunyai orangtua yang merupakan keturunan Gujarat dan beragama Hindu. Karenanya ia sempat dilirik oleh pihak Disney, karena masuk dalam kriteria pemeran Aladdin. Lalu, Riz Ahmed yang merupakan aktor Inggris keturunan Pakistan, berumur 37 tahun sempat juga dilirik pihak Disney.

Namun pada akhirnya pilihan jatuh pada Mena Massoud, aktor asal Inggris yang berasal dari Mesir, dan berumur 28 tahun. Sementara Tara Sutaria merupakan aktris, penyanyi dan juga penari asal India, yang sempat dilirik Disney untuk memerankan Putri Jasmine. Bahkan, ia sempat tinggal di London selama beberapa bulan untuk bekerja. Namun, ia tidak bisa menyelesaikannya. Tara Sutaria tak bisa mengungkapkan alasannya meninggalkan peran sebagai Putri Jasmine, akhirnya peran itu jatuh pada Naomi Scott.

4Banyak Pemeran Tambahan dari Timur Tengah

Lalu, Fakta Menarik film Aladdin yang satu ini sempat menimbulkan kabar bahwa banyak pemain di film Aladdin yang merupakan orang kulit putih, tapi didandani menyerupai orang Timur Tengah. Disney nyatanya membantah pernyataan tersebut dengan menambahkan banyak pemain figuran asli dari Timur Tengah.

Film ini dibuat totalitas sekali, dengan menambahkan banyak aktris dan aktor dari Timur Tengah, aura film Aladdin akan semakin terasa. Ada sekitar 200 sampai 1000 orang yang dilibatkan dalam film ini. Kemudian ditambah lagi dengan penari sebanyak 250 orang. Hingga kini, belum diketahui berapa jumlah pasti orang Timur Tengah yang ada dalam film ini.

5Zayn Malik Berduet Dengan Zhavia untuk Soundtrack Film Aladdin

Zayn Malik Berduet Dengan Zhavia untuk Soundtrack Film Aladdin
Zayn Malik Berduet Dengan Zhavia untuk Soundtrack Film Aladdin

Selanjutnya, Fakta Menarik film Aladdin mengenai soundtrack yang diisi oleh Zayn Malik. Uniknya, Zayn dibebaskan memilih siapa saja sebagai rekan duetnya untuk mengisi lagu dalam film ini. Sampai akhirnya Zayn memilih Zhavia Ward, untuk menyanyikan A Whole New World dengannya untuk soundtrack film Aladdin. Menurutnya, suara Zhavia bisa menjadi warna baru dalam lagu ini.

6Lokasi Syuting yang Authentic Banget di Yordania

Lokasi Syuting yang Authentic Banget di Yordania

Fakta Menarik film Aladdin yang selanjutnya, mengenai lokasi syuting dari film Aladdin di Yordania. Yordania, adalah tempat yang dipilih oleh pihak Disney. Tempat yang dijadikan lokasi syuting film ini, dibuat se-authentic mungkin oleh para kru film Aladdin. Wadi Rum adalah salah satu tempat yang dipilih dalam pengambilan gambar film ini. Dengan view padang pasir luas dan bebatuan raksasa, akan sangat terasa sekali nuansa Timur Tengahnya dalam film ini.

7Pembuatan Kota Agrabah Memakan Waktu Hampir 4 Bulan Lamanya

Pembuatan Kota Agrabah Memakan Waktu Hampir 4 Bulan Lamanya

Kemudian, Fakta Menarik film Aladdin ini mengenai Kota Agrabah. Kota fiksi ini, dibangun lumayan lama sekitar 4 bulan lamanya. Menurut sang sutradara Guy Ritchie, Agrabah merupakan kota pelabuhan yang didasarkan pada persimpangan Timur-Barat Arab. Untuk dapat membangun latar kota Agrabah ini, para kru film membutuhkan waktu yang cukup lama, namun tentu saja perjuangan tidak sia-sia.

8Kota Fiksi Agrabah, Mempunyai Luas Dua Kali Lapangan Sepak Bola

Fakta Menarik film Aladdin yang satu ini, masih berhubungan dengan Kota Agrabah. Pasalnya, Kota Fiksi ini, mempunyai luas yang tidak main-main. Lamanya pembuatan Kota Agrabah ini dirasa wajar, karena membuat Kota Agrabah ini nyatanya mempunyai luas 2 kali lapangan sepak bola. Sebagai informasi, ukuran satu lapangan sepak bola saja adalah 105 x 68 meter. Sudah seperti membangun Kota betulan saja bukan?

9Dinding Gua Ajaib (Cave of Wonders) Dilapisi Perhiasan Asli

Dinding Gua Ajaib (Cave of Wonders) Dilapisi Perhiasan Asli

Fakta Menarik film Aladdin yang satu ini, juga tidak main-main. Salah satu tempat yang ada di film Aladdin adalah Cave of Wonders, di mana Aladdin pertama kali menemukan lampu ajaib. Uniknya, dinding gua tersebut dilapisi oleh perhiasan asli, berbeda dengan perhiasan yang tergeletak di lantai, yang terbuat dari karet agar aman jika terinjak. Tidak hanya Kota Agrabah saja yang dibuat mewah, ternyata Cave of Wonders juga mendapatkan sentuhan yang mewah.

10Si Monyet Abu Merupakan Monyet Digital

Nah, Fakta Menarik film Aladdin yang selanjutnya mengenai Si monyet Abu yang selalu menemani Aladdin kemana-mana. Memang, jika dilihat-lihat monyet abu tersebut  tampak nyata seperti binatang hidup. Tetapi nyatanya si Abu merupakan hasil olahan digital. Disney memang sangat profesional dalam menghasilkan digitalisasi yang unik dan nyata!

Nah, itulah deretan Fakta Menarik film Aladdin yang bisa kamu ketahui. Dan tak ketinggalan, nantinya akan ada banyak tari-tarian dalam film ini. Sudah menjadi ciri khasnya Disney bukan. Kamu dipastikan bisa melihat Will Smith, menampilkan beberapa tarian terbesar bersama aktor dan aktris lain dalam film ini!