10 Destinasi Wisata Bernuansa Horor yang Ada di Pulau Jawa, Salah Satunya Wajib Kamu Sambangi!

Tahukah kamu jika berbagai destinasi wisata yang pernah kamu kunjungi, nyatanya mempunyai cerita horornya tersendiri. Nah, Wisata Bernuansa Horor inilah yang akan kami bahas untuk kali ini. Meski disebut sebagai Wisata Bernuansa Horor, namun berbagai tempat wisata yang kami bahas ini, tidak pernah sepi pengunjung.

Wisata Bernuansa Horor yang kami bahas ini, semuanya berada di pulau Jawa. Dan kebanyakan sudah terkenal semua. Entah darimana datangnya julukan horor tersebut. Entah kisah horor tersebut nyata, atau hanya kabar burung saja? Siapa yang tahu, yang jelas kamu harus datang ke semua tempat Wisata Bernuansa Horor yang akan kami bahas ini.

10 Wisata Bernuansa Horor yang Sangat Ramai Dikunjungi Wisatawan Dalam dan Luar Negeri

Seperti yang sudah kami sebutkan, berbagai Wisata Bernuansa Horor ini sangat ramai dikunjungi. Baik itu oleh para pribumi, maupun turis dari luar negeri. Mungkin saat siang hari, Wisata Bernuansa Horor ini terlihat indah dan biasa-biasa saja. Namun, rasakan sensasinya saat kamu mendatanginya pada malam hari!.

Apakah akan terasa horor, atau malah biasa saja?. Tentu semuanya tergantung pada diri kamu sendiri. Jadi langsung saja, inilah Wisata Bernuansa Horor yang wajib kamu sambangi satu-persatu:

1Lawang Sewu

Lawang Sewu
Lawang Sewu

Wisata Bernuansa Horor yang pertama harus kamu datangi adalah, Lawang Sewu. Lawang Sewu mempunyai arti “seribu pintu” dalam bahasa Jawa. Nah, Lawang Sewu sendiri terletak di Jalan Pemuda, Semarang. Tempat Wisata Bernuansa Horor ini, dibangun sejak 1904 atau pada era penjajahan Belanda.

Salah satu peristiwa kelam yang terjadi saat itu, adalah perlawanan Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) yang berjuang untuk mendapatkan jalur kereta api. Para AMKA yang telah gugur, lalu dimakamkan di halaman Lawang Sewu. Konon hingga saat ini, masyarakat sekitar mengaku sering melihat penampakan nonik Belanda dan tentara di sana. Berani datang ke sini?.

2Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia

Lalu ada Museum Pos Indonesia, yang menjadi tempat Wisata Bernuansa Horor selanjutnya yang bisa kamu datangi. Tempat yang satu ini, justru jauh dari kesan kuno dan menyeramkan, malah Museum Pos Indonesia yang terletak di Bandung ini tampak cukup Instagramable. Didirikan pada tahun 1931, lokasi tepatnya berada di Jalan Cilaki Nomor 73.

Uniknya, beberapa pengunjung yang pernah datang ke sini, mengatakan pernah melihat penampakan sesosok perempuan di dalam Museum Pos Indonesia. Selain itu, kerap kali di dekat pintu masuk Museum Pos Indonesia biasanya ada sosok pria yang dilihat para pengunjung. Instagramable namun bernuansa horor, berani?.

3Museum Brawijaya

Museum Brawijaya
Museum Brawijaya

Masih dalam kategori museum, Wisata Bernuansa Horor yang selanjutnya adalah  Museum Brawijaya. Nah, museum ini dibangun sejak tahun 1962, dan terletak di Jalan Ijen Nomor 25 A, Malang. Tempat bersejarah ini, menyimpan banyak benda-benda hasil perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda saat Agresi Militer Belanda I dan II di Malang, Surabaya, dan Bondowoso kala itu.

Salah satu benda bersejarah yang disimpan, adalah “Gerbong Maut”. Benda bersejarah tersbeut, konon sering menunjukkan penampakan menyeramkan berupa hantu wanita dan juga suara-suara gaib. Ternyata, “Gerbong Maut” ini dulunya pernah digunakan mengangkut barang, namun disalahgunakan menjadi pengangkut manusia yang bermuatan berlebihan, sehingga menyebabkan kecelakaan di perjalanan pada gerbong tersebut.

4Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta
Stasiun Purwakarta

Wisata Bernuansa Horor yang selanjutnya, adalah Stasiun Purwakarta. Nah, Stasiun Purwakarta terletak di Jalan Kolonel Kornel Singawinata Nomor 1, Purwakarta. Tempat wisata yang satu ini, masih beroperasi sebagai stasiun biasa. Namun, yang menjadikan tempat ini horor, adalah adanya kuburan kereta api di sana. Kuburan kereta api tersebut, menimbulkan berbagai cerita menyeramkan.

Konon pada zaman dulu, gerbong-gerbong di sana terlibat dalam kecelakaan, lalu diletakkan di tempat tersebut, yang dinamai kuburan kereta api. Pada tahun 1988, beberapa pemuda juga tertabrak kereta ketika sedang berpesta minuman keras. Lalu banyak kabar yang menyebutkan ada penampakan hantu tanpa kepala di sana dan sekadar suara tangisan. Namun, tempat wisata ini juga instagramable dan banyak dikunjungi.

5Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Wisata Bernuansa Horor yang selanjutnya adalah Pantai Parangtritis, yang terletak di bagian selatan Yogyakarta. Akses ke tempat wisata ini cukup mudah. Kamu bisa menikmati sunset yang indah di pantai yang sudah sangat legendaris ini. Cerita mistis yang paling dikenal dari tempat ini, yakni munculnya penampakan sosok Nyi Roro Kidul. Karena itulah, Pantai Parangtritis seringkali dikaitkan dengan cerita-cerita menyeramkan dari Nyi Roro Kidul.

6Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu

Nah, Wisata Bernuansa Horor yang selanjutnya masih dalam kategori pantai, yakni Pantai Pelabuhan Ratu. Di tempat ini, kamu tidak diperbolehkan berenang, karena ombaknya sangat besar. Pantai ini sangat terkenal dan pelayanannya lengkap, seperti adanya tempat untuk bersantai, bermain anak, kuda sewaan, dan juga penginapan.  Konon, di tengah laut Pantai Pelabuhan Ratu terdapat pintu gaib menuju kerajaan mistis dari sang penguasanya ratu pantai selatan. Para wisatawan juga tidak dianjurkan mengenakan baju hijau saat datang ke pantai ini.

7Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama
Pantai Kenjeran Lama

Wisata Bernuansa Horor yang selanjutnya adalah Pantai Kenjeran Lama, yang terletak di Jalan Raya Pantai Lama Nomor 12, Bulak. Pantai ini jauh lebih indah daripada dulu, sekarang terdapat Jembatan Suroboyo yang terbentang indah dengan air mancur menari yang cantik. Konon kawasan Pantai Lama ini, sering kali disebut sebagai pusatnya kerajaan ular. Di ujung tempat wisata ini terdapat Gudang Peluru yang membuat suasana di sini semakin mencekam. Kamu berani datang ke sini?

8Nusa Barong

Nusa Barong
Nusa Barong

Nah, Wisata Bernuansa Horor yang selanjutnya ini terletak di bagian selatan Jember, yakni Nusa Barong yang mempunyai keindahan alam luar biasa. Terdapat banyak satwa di tempat ini, seperti penyu hijau, biawak air, monyet, dan masih banyak lagi. Memang belum banyak yang mengunjungi pulau ini, sehingga kelestariannya masih terjaga baik.

Nusa Barong konon dikenal juga sebagai Pulau Ular, karena kabarnya banyak yang melihat ular besar di tempat ini. Saat ini Nusa Barong dijadikan sebagai cagar alam tanpa penduduk. Sehingga, ketika menjelang malam hari, suasana di pulau ini akan terasa sangat mencekam.

9Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo

Wisata Bernuansa Horor yang bisa kamu datangi selanjutnya adalah Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di Tegaldlimo, Banyuwangi. Taman Nasional Alas Purwo mempunyai empat zona antara lain Intensive Use Zone, Wilderness Zone, Sanctuary Zone, dan juga Buffer Zone. Ada Gunung Lingga Manis sebagai puncak tertinggi di sana, sekitar 332 meter di atas permukaan laut.

Beberapa cerita mistis yang tersebar dari tempat ini, disebabkan oleh banyaknya gua yang digunakan untuk tempat pesugihan, mencari kesaktian, dan lain sebagainya. Bahkan, kabarnya tempat ini dikatakan sebagai kerajaan jin yang cukup besar, dan masyarakat sekitar dikabarkan sering kali melihat sosok genderuwo.

10Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata Bernuansa Horor yang terakhir adalah Air Terjun Grojogan Sewu, yang terletak di Tawangmangu, Karanganyar.  Tinggi air terjun ini sekitar 81 meter yang bisa kamu akses dengan menuruni anak tangga. Tempat ini konon, menjadi pusat pertemuan para roh leluhur dan juga makhluk gaib yang hidup pada zaman dulu. Adanya jembatan di kawasan air terjun juga dianggap sebagai penyebab berpisahnya sepasang kekasih ketika berfoto ataupun terjadi kecelakaan.

Itulah beberapa Wisata Bernuansa Horor yang berada di Pulau Jawa dan bisa langsung kamu datangi sekarang juga. Nah, kamu tertarik dan berani mengunjungi tempat wisata yang mana dulu?.