10 Channel Edukasi di Youtube yang Sangat Bermanfaat dan Wajib Kamu Subscribe

10 Channel Edukasi di Youtube yang Sangat Bermanfaat dan Wajib Kamu Subscribe
10 Channel Edukasi di Youtube yang Sangat Bermanfaat dan Wajib Kamu Subscribe

Youtube, adalah salah satu platform video terbesar yang ada di dunia. Dari orang dewasa, hingga anak-anak, siapa sih yang tidak mengenal Youtube? Di zaman sekarang ini, segala sesuatu mudah di akses melalui internet, termasuk platform video yang satu ini. Tak jarang, banyak anak-anak yang kecanduan menonton video di Youtube. Namun sangat disayangkan, jika Channel Edukasi di Youtube malah kurang diminati oleh anak-anak.

10 Channel Edukasi di Youtube yang Harus Kamu Subscribe!

Mirisnya, banyak anak-anak yang lebih suka menonton konten-konten yang tidak bermanfaat, ketimbang Channel Edukasi di Youtube. Banyaknya channel Youtube yang tidak layak ditonton oleh anak-anak kian bermunculan. Sayang sekali tidak ada kesadaran dari para pembuat konten Youtube tersebut, dengan pasar Youtube yang sudah banyak di dominasi olah remaja hingga anak-anak sekarang ini.

Oleh sebab itu, jangan asal subscribe channel Youtube sembarangan. Kamu harus melihat konten-konten apa saja yang ada dalam channel tersebut, jika dirasa tidak ada manfaatnya lebih baik jangan pernah di tonton, apalagi di subscribe! Nah,  jika kamu mempunyai adik ataupun saudara, tidak ada salahnya memperkenalkan Channel Edukasi di Youtube yang sangat bermanfaat berikut ini:

1Kok Bisa?

Kok Bisa?
Kok Bisa?

Channel Edukasi di Youtube yang pertama, adalah channel Kok Bisa? Channel ini, menyajikan konten-konten yang edukatif dengan animasi yang unik. Untuk kamu yang menyukai karakter animasi, maka channel ini sangat tepat untuk kamu. Segala ilmu pengetahua berawal dari pertanyaan. Itu sebabnya, Kok Bisa? Ingin terus menciptakan pengalaman belajar sains yang snagat inovatif, dengan menjawab berbagai pertanyaan sehari-hari, melalui video-video animasi yang edukatif.

Dengan melalui animasi, Kok Bisa? yakin bahwa konsep yang rumit sekalipun, bisa digambarkan dengan kontekstual dan lebih mudah dipahami oleh penontonnya. Di channel ini, ada banyak topik yang diangkat, mulai dari membahas hal-hal yang ringan seperti “Mengapa makanan pokok kita nasi?” Sampai topik berat sekalipun, semacam “Apa itu lubang hitam?”. Dengan menyajikan penjelasan yang asik, tak lupa dengan adanya si bakso yang selalu hadir di setiap video-video channel ini, kamu tidak akan bosan belajar dari channel ini!

2Arsypedia

Arsypedia

Channel Edukasi di Youtube yang satu ini, adalah channel edukatif yang bertujuan untuk mendukung Indonesia agar semakin cerdas dan tidak mudah percaya informasi hoax. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi yang tidak bisa difilter, channel Arsypedia justru menyajikan konten interaktif, yang mampu menjadi pencerahan bagi para penontonnya. Uniknya, channel ini memadukan antara unsur pendidikan, hiburan, humor, dan juga animasi secara bersamaan. membagikan konten edukasi yang dikemas secara menarik berbentuk animasi dua dimensi. Tak ketinggalan, dalam konten-kontennya ada seorang karakter yang diberi nama Arsy dengan ciri khas, salam tahu bulat-nya.

3Quipper

Quipper
Quipper

Quipper ini bisa dibilang, hampir sama dengan Ruang Guru, Channel Edukasi di Youtube yang satu ini, merupakan channel youtube yang sudah terbilang cukup berumur. Karena telah dibentuk sejak tahun 2012. Nah, Quipper adalah salah satu channel yang akan memberikan layanan belajar online, yang ditujukan untuk para siswa sekolah, dengan menyediakan berbagai materi, video pembelajaran dan tak ketinggalan ada juga latihan soal. Di channel youtube ini, kamu bisa melihat beberapa video pembelajaran yang penting ala Quipper, yang sesuai dengan kurikulum sekolah.

4Mau Tau Banget

Channel Edukasi di Youtube yang selanjutnya ini, cocok untuk kamu yang selalu penasaran. Pernahkah kamu masih penasaran akan sesuatu, sampai terbawa kemana-mana rasa penasaran tersebut? atau kamu sering memikirkan masalah yang sepele, namun tidak kunjung mendapat jawabannya? Tidak perlu bertanya pada Google, karena channel ini punya jawabannya. Gaya pembawaan materi di Mau Tau Banget cukup sederhana, kadang rumit, namun tetap sangat menarik untuk ditonton. Karenanya, kamu akan betah berlama-lama di channel ini.

5Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya

Channel Edukasi di Youtube yang satu ini, sudah terbilang sukses dengan menarik banyak perhatian penonton. Dalam setiap kontennya, terdapat banyak informasi yang bermanfaat dalam membangun pengetahuanmu. Channel ini, mendeskripsikan tentang rangsangan pemikiran seputar sains, teknologi, dan masyarakat yang telah dikemas secara ringan. Channel ini, akan membahas pertanyaan-pertanyaan secara random. Setiap pertanyaan yang telah  terjawab, akan menghasilkan pertanyaan baru lagi. Sehingga, pikiran manusia akan selalu berada dalam Hujan Tanda Tanya.

6Sains Bro

Sains Bro

Channel Sains Bro adalah salah satu Channel Edukasi di Youtube yang akan membantu kamu menjelaskan berbagai hal tentang SAINS dengan konsep yang menyenangkan dan juga sederhana, agar yang menontonnya mudah memahami. Gaya penjelasannya sangat menarik, dengan menggunakan konsep video whiteboard ala-ala sedang belajar di kelas, semacam minute physics atau ASAPscience. Dengan menonton konten-konten dari channel ini, wawasanmu akan lebih luas dan untuk kamu yang sudah dewasa juga, tidak ada salahnya mengingat kembali pelajaran di masa sekolah, dengan menonton channel-channel ini.

7Kamu Harus Tahu!

Channel Edukasi di Youtube yang selanjutnya ini, Kamu Harus Tahu!. Ya, channel ini,  merupakan channel edukasi yang rutin menyajikan berbagai informasi dan juga  pengetahuan, ke dalam bentuk animasi 2 Dimensi. Menampilkan sosok karakter yang bernama Joni, yang tak lain adalah seorang anak yang ingin tahu tentang banyak hal. Sebagai contoh, salah satu judul videonya, membahas secara lengkap tentang pendidikan, dengan judul “penyebab pendidikan di indonesia terpuruk”. Channel ini sayang untuk dilewatkan bukan?

8Ruang Guru

Ruang Guru

Channel Edukasi di Youtube yang selanjutnya, merupakan startup penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi no. 1 yang ada di Indonesia. Dengan menonton channel  Ruang Guru, merupakan channel edukasi yang menyajikan berbagai informasi dan juga pengetahuan dalam bentuk animasi yang unik dan menarik. Nah, dari namanya saja kamu pasti sudah berpikir bahwa channel ini sangat cocok untuk para pelajar, namun bagi siapa saja yang ingin menonton,  bebas untuk mendapatkan edukasi dari channel ini. Untuk kamu yang masih pelajar, tentu akan sangat terbantu dan bersemangat dalam belajar, jika kamu sudah subscribe channel ini!

9Ayo Mikir

Ayo Mikir
Ayo Mikir

Selanjutnya, ada salah satu Channel Edukasi di Youtube yang masih sama seperti yang lainnya tentunya, yang akan mengajak kamu menjelajahi dunia edukasi. Ayo Mikir akan menyajikan edukasi yang berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan, dimulai dari ilmu psikologi hingga ilmu astronomi. Cara penyampaiannya juga terbilang menarik, dengan nuansa gambar warna-warni seperti ASAP science dan juga  Minutephysics. Merupakan tontonan yang bermanfaat, dan wajib kamu subscribe!

10Harry Ware

Selanjutnya ada Harry Ware, yang merupakan salah satu Channel Edukasi di Youtube, yang akan membahas hal-hal yang mengundang kontroversi dan juga misteri yang ada di seluruh penjuru dunia. Kamu pun akan diajak menjelajahi berbagai kejadian sejarah dari seluruh penjuru dunia yang nyatanya masih menjadi misteri, plus dengan penjelasannya yang mudah dipahami. Jangan sampai terlewatkan untuk mensubscribe channel yang satu ini ya!

Itulah beberapa Channel Edukasi di Youtube yang wajib kamu subscribe. Jadikanlah media seperti Youtube untuk kebutuhan yang berguna, bukan hanya untuk bermain-main saja, apalagi jika untuk menonton hal-hal yang tidak baik. Di zaman sekarang, kamu harus pandai-pandai memfilter menggunakan mendia apapun, termasuk Youtube. Ajaklah adikmu, atau saudaramu, bahkan orang terdekatmu untuk menggunakan Youtube sebagai media yang bermanfaat.