10 Cemilan Sehat Agar Berat Badanmu Terjaga

cemilansehat.1

Kosongan – Kebiasaan ngemil pastinya dimiliki oleh hampir semua orang. Di tengah menjalani kegiatan sehari-hari, ngemil bisa mengatasi rasa lapar yang datang saat belum waktunya makan. Berbagai macam cemilan lezat dan manis juga bisa meningkatkan semangat dan energi kamu saat menjalani aktifitas sehari-hari. Di kalah bosan atau sedang nonton tv, cemilan juga selalu menjadi teman setia yang membahagiakan perut kamu.

Namun, kebiasaan ngemil merupakan salah satu alasan dari naiknya berat badan. Terutama buat kamu yang suka ngemil dan hanya duduk seharian atau ngemil sambil bermalas-malasan. Tak perlu sedih dan menghentikan kebiasaan ngemil, ada beberapa cemilan sehat yang tidak tinggi gula maupun kalori yang bisa kamu konsumsi. Berikut informasinya telah dirangkum khusus buat kamu.

10 Cemilan Sehat Tidak Bikin Gendut

1Kacang Almond

Kacang merupakan salah satu alternatif cemilan yang lebih sehat ketimbang snack-snack pada umumnya. Salah satu kacang yang aman dikonsumsi sebagai cemilan adalah kacang almond. Kacang almond memiliki kandungan yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu, mulai dari serat, protein, dan asam lemak tak jenuh. Almond juga dapat meningkatkan tingkat gula darah dengan cara yang baik, serta membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Oleh karena itu, mengkonsumsi almond bisa kamu kenyang dan tidak mengemil terlalu banyak.

2Kacang Mede

Kalau kacang almond terlalu mahal, kamu bisa beralih ke kacang mede. Banyak kacang mede kemasan yang bisa kamu dapatkan di supermarket. Kacang mede juga memiliki rasa yang lebih creamy dan gurih tanpa diberi bumbu tambahan. Kacang mede juga memiliki kandungan sehat seperti protein, lemak tak jenuh, dan lemak seperti kacang almond. Mengkonsumi kacang mede juga bisa membuat kamu cepat kenyang saat ngemil dan ampuh untuk mengganjal rasa lapar yang datang terlalu dini.

3Keripik Buah

Buah pada dasarnya merupakan makanan sehat dengan berbagai manfaat bagi tubuh. Sekarang , banyak produsen cemilan yang memproduksi keripik buah lezat yang bisa kamu jadikan cemilan sehat. Keripik buah merupakan potongan buah-buah tertentu yang dikeringkan dalam bentuk keripik dengan rasa asli dari buah-buahan. Beberapa keripik buah yang populer adalah, keripik apel, keripik pisang, dan keripik aprikot. Ada baiknya kamu mengkonsumi keripik buah yang tidak digoreng melainkan dipanggang. Agar keripik buah tidak mengandung minyak dan lemak yang bisa membuat kamu nai berat badan.

4Popcorn

Tak hanya sebagai cemilan di bioskop, popcorn juga bisa menjadi cemilan untuk menemani aktifitas sehari-hari kamu. Popcorn pada dasarnya terbuat dari biji jagung muda, oleh karena itu disebut sebagai brondong jagung. Kamu bisa membeli popcorn yang sudah ada di supermaket atau membuat sendiri. Kamu bisa membeli biji jagung khusus popcorn dan memasaknya sendiri dengan mentega. Popcorn akan semakin sehat jiga kamu konsumsi tanpa tambahan pemanis atau garam.

5Cokelat Hitam

Cokelat merupakan salah satu cemilan favorit sejuta umat. Siapa yang tidak suka cokelat? Memakan cokelat tidak hanya nikmat di lidah tapi juga dapat menunrunkan tingkat stress pada otak kamu. Agar tidak mengalami kenaikan berat badan, kamu bisa mengganti cemilan cokelatmu dengan cokelat hitam. Cokelat hitam rendah kalori dan gula, serta memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh kamu.

6Rumput Laut

Kalau kamu suka ngemil keripik kentang kemasan rasa ruput laut, hal tersebut dijamin bisa membuat kamu mengalami kenaikan berat badan. Jika kamu mengyukai cita rasa rumput laut, ada baiknya kamu mengemil lembaran rumput laut yang biasanya juga disebut sebagai nori. Pelengkap makanan dari Jepang ini biasanya dikonsumsi dengan hidangan lain seperti sushi dan ramen. Namun, tersedia juga nori yang di jual dalam bentuk lembaran untuk cemilan. Rumput laut juga memiliki kandungan protein, berbagai macam vitamin, serta rendah kalori.

7Agar-agar

Jika kamu sedang menjalani diet ketat, jangan sedih karena tidak bisa ngemil. Ada alternatif cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi yaitu agar-agar. Agar-agar memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman kamu konsumsi tanpa takut merusak diet kamu. Cemilan satu ini juga segar dimakan di tengah hari yang panas. Namun, hindari menambahkan gula saat membuat agar-agar. Kamu bisa tambahkan buah jika ingin mendapatkan rasa manis yang alami.

8Yogurt

Satu lagi cemilan sehat dan menyegarkan adalah yogurt. Yogurt tidak hanya menyegarkan namun memiliki kandungan serat yang ampuh untuk melancarkan pencernaan kamu. Pilihlah plain yogurt tanpa rasa yang lebih sehat. Jika ingin cata rasa lebih, tambahkan buah-buahan seperti berries, mangga, pisang, dan buah lain sesuai seleramu.

9Salad

Salah satu cemilan ampuh yang selalu diandalkan oleh setiap orang yang sedang diet adalah salad. Makan salad sepuasnya tidak akan membuat kamu naik berat badan. Namun, kamu juga harus memperhatikan bahan apa saja yang kamu masukan dalam saladmu. Jika kamu suka yang manis-manis dan asam, konsumsi salad buah tanpa tambahan krim apa pun. Kamu bisa tambahkan nata de coco sebagai tambahan. Jika suka salah sayur, hindari menambahkan mayonise, cukup bawang, perasan jeruk lemon, dan minyak zaitun.

10Oatmeal

Cemilan sehat terakhir yang bisa kamu coba adalah oatmeal. Tak hanya sebagai menu sarapan, oatmeal juga bisa kamu jadikan alternatif cemilan untuk mengganjal rasa lapar. Gandum dalam oatmeal dijamin bisa membuat kamu kenyang. Jangan tambahkan gula pada oatmeal-mu, jika ingin tambahan rasa, tambahkan buah seperti pisang atau stroberi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.