10 Anggapan Salah Tentang Orang Berkepribadian Introvert

10.introvert

Kosongan – Orang berkepribadian introvert adalah orang yang memiliki orientasi pada dirinya sendiri. Orang introvert cenderung pendiam dan suka mengamati keadaan sekitar dan mengambil kesimpulan berdasarkan pemikirannya sendiri. Mereka tidak mudah percaya dengan orang lain karena mereka lebih percaya pada dirinya sendiri.

Namun, masa banyak orang yang suka salah persepsi tentang orang introvert. Orang selalu menggolongkan pemalu dan pendiam sebagai ciri khas kepribadian introvert. Padahal kepribadian introvert lebih kompleks penjelasannya dan tidak dapat ditentukan hanya dengan beberapa hal yang terlihat. Berikut beberapa anggapan salah tentang orang berkepribadian introvert yang perlu kamu ketahui.

10 Persepsi Salah Tentang Orang Berkepribadian Introvert

1Introvert selalu pemalu.

Pemalu itu adalah sifat dasar manusia, semua orang pasti punya rasa malu, gak cuma orang introvert. Introvert memang cenderung pendiam ketika berada di lingkungan atau situasi baru. Hal ini bukan karena orang introvert pemalu. Mereka cenderung melakukan observasi dan melihat situasi sekitar. Agar mereka bisa menyesuaikan diri menentukan bagaimana harus bertindak.

So, stop bilang introvert artinya pemalu. Kamu yang extrovert mau pun ambivert juga pasti punya rasa malu, bukan?

2Introvert tidak bisa bersosialisasi.

Orang introvert memang cenderung pendiam, namun bukan berarti mereka tak pandai bersosialisasi. Justru orang introvert merupakan orang yang dapat berkomunikasi dengan efektif dan tahu etika. Orang introvert adalah pendengar yang baik, mereka bukan tipe yang suka memulai pembicaraan. Namun, mereka akan mengumpulkan informasi saat percakapan dan menanggapinya dengan efektif. Ketika sudah menguasai perbincangan, orang introvert akan membentuk percakapan dua arah yang akan sama-sama dinikmati.

3Introvert tidak bisa menjadi pemimpin.

Jiwa kepemimpinan bisa dimiliki oleh siapa pun termasuk orang dengan kepribadian introvert. Bahkan mereka bisa menjadi pemimpin yang baik dan benar. Orang Introvert memiliki kemampuan analisa dan observasi yang tinggi. Mereka juga tidak mudah panik ketika menghadapi masalah karena memiliki sifat berkepala dingin. Mereka juga bisa menjadi pemimpin yang peduli dengan bawahannya karena memiliki sifat pendengar yang baik. Mereka juga memiliki pendirian yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain karena berorientasi pada diri sendiri.

4Introvert tidak bisa bekerja dalam tim.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin kedua, menjadi seorang introvert bukan berarti tidak pandai berkomunikasi. Seorang introvert bisa menjadi anggota tim yang mampu berdiskusi dengan baik. Mungkin mereka akan banyak diamnya selama diskusi, namun sekalinya mengutarakan pendapat, orang introvert bisa jadi memberikan solusi paling tepat.

Karena selama anggota lain berbicara, mereka akan melakukan observasi dan analisa cepat dalam pikiran mereka. Mereka tidak suka asal bicara hanya untuk kelihatan eksis.

5Introvert tidak memiliki banyak teman.

Seorang introvert atau extrovert tidak menentukan apa orang tersebut populer atau tidak dalam pertemanan. Seorang introvert juga bisa memiliki banyak teman jika mereka mau. Seorang introvert yang bergabung dalam sebuah organisasi atau kegiatan tertentu, bisa jadi memiliki banyak teman untuk memperluas wawasan mereka.

Namun, memang orang introvert lebih pilih-pilih untuk menjadi mereka sahabat dekat. Seorang introvert hanya memiliki setidaknya 2 hingga 3 sahabat terdekat dimana mereka berani untuk mengungkapkan semua curhatannya. Karena mereka pribadi yang sangat menjunjung tinggi privasi. Dan mereka juga sangat menghargai privasi orang lain.

6Introvert memiliki kecenderungan depresi.

Orang introvert terkadang suka menyendiri dan meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Seperti nonton di bioskop sendiri, pergi ke toko buku sendiri, atau hanya menghabiskan waktu di rumah. Bukan berarti mereka sedang depresi. Orang extrovert lebih suka bertemu orang untuk relaksasi, namun orang introvert suka menyendiri untuk menenangkan pikiran mereka. Masing-masing orang memiliki cara sendiri untuk membuat diri mereka bahagia.

Menjadi seorang introvert bukan berarti seseorang yang anti sosial, ya.

7Introvert tidak suka pesta dan hang out.

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, introvert bukanlah sifat anti sosial. Mereka juga suka berinteraksi dengan orang dan bertukar pikiran. Seorang introvert juga suka menghadiri pesta dan hang out bersama teman-temannya. Bersosialisasi membuat seorang introvert belajar banyak hal dan bertemu dengan orang-orang yang menginspirasinya. Karena mereka menyukai wawasan baru. Mereka juga cenderung mengamati orang ketika sedang dalam keramaian.

8Introvert tidak memiliki rasa percaya diri.

Hal ini salah besar, justru seorang introvert memiliki rasa percaya pada dirinya. Satu-satunya orang ia percaya adalah dirinya sendiri karena mereka berorientasi pada pendapat pribadi. Mereka susah menerima masukan dari orang, namun tetap mendengarkan. Masalah saran atau kritik diterima atau tidak, seorang introvert akan mengolah informasi tersebut terlebih dahulu sesuai dengan prinsip pribadinya.

9Introvert cenderung pemurung.

Pendiam bukan berarti pemurung. Ada juga orang extrovert pemurung yang tidak pernah berhenti update status di sosial media mereka tentang gelisahannya. Orang introvert yang periang juga banyak. Masalah pemurung atau periangnya manusia bukan ditentukan dari sifatnya, namun gaya hidup yang mereka miliki.

10Introvert harus disembuhkan.

Jika introvert adalah sebuah penyakit depresif yang harus disembuhkan, berarti hampir dari setengah penduduk dunia sedang mengalami gangguan jiwa. Introvert adalah sifat manusia, bukan penyakit yang harus disembuhkan.

Introvert hanya pola pikir dan orientasi seseorang yang lebih berfokus pada pemikiran sendiri dari pada orang lain. Dan hal tersebut tidaklah salah. Jika seluruh penduduk dunia harus memiliki sifat extrovert, tidak akan yang mau salah mendengarkan dan kehidupan sosial tidak akan seimbang.

Itu tadi beberapa anggapan yang salah tentang orang introvert. Sifat manusia memang berbeda-beda dan tidak ada yang salah dengan tersebut. Merupakan tugas kita untuk saling hidup berdampingan dan saling melengkapi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.